Lirik bukan musik

Halo! kali ini saya mau beropini tentang penulisan lirik. Secara pribadi saya suka sekali menulis lirik, namun saya sulit sekali untuk menulis lirik dalam bahasa, lebih sering dalam English. Hal ini bukan berarti saya tidak cinta dengan Bangsa ini, namun untuk menulis lirik dalam bahasa butuh kemampuan ekstra. 
Kenapa saya menulis judul "Lirik bukan Musik" ? ini hanya cara saya untuk memfokuskan isi artikel ini. Banyak musisi yang musikalitasnya tinggi namun kalau dilihat dari segi lirik biasa-biasa saja bahkan buruk. Enak atau tidaknya lagu memang tidak hanya di tentukan oleh lirik saja, namun alangkah lebih baik jika keduanya di kombinasikan sehingga menjadi suguhan yang nikmat.
Salah satu band indie tersukses The S.I.G.I.T pun pernah berkomentar (saya lupa sumbernya), saat itu Rekti (vokalis) ditanya mengenai lirik The S.I.G.I.T yang full English, dan jawabannya hampir serupa dengan komentar saya diatas, "Menulis lirik dengan bahasa itu sulit". Kalau di perhatikan lebih lanjut, memang sulit. Lirik dengan bahasa yang terlalu santai terkesan biasa saja, namun terlalu puitis juga tidak bagus, karena bahasa untuk puisi itu tergolong berat. Itu sebabnya kenapa saya bilang sulit untuk menulis lirik dengan bahasa yang pas, tidak kurang dan lebih. 
 
Untuk penilaian secara pribadi, musisi seperti Budi yang terkenal dengan lagu "Doremi" yang menurut saya lagunya enak untuk didengar namun lirik yang di suguhkan sangat biasa. Contoh lain mungkin Melly Goeslaw, siapa yang tidak kenal karya Mbak Melly ini? namun beberapa karyanya memiliki lirik yang tergolong sangat biasa.
 
Contoh lain yang menurut saya pas adalah Efek Rumah Kaca, musikalitas dan isi liriknya begitu pas. Berbobot dan enak di dengar, mereka mulai naik dengan lagu "Cinta melulu". Pada lagu ini musikalitas Cholil dkk. tidak diragukan, lirik? sangat berbobot mengkritik industri musik mainstream yang menyugguhkan masyarakat dengan lagu-lagu cinta melulu. 

Sesuainya komposisi musikalitas dan keahlian dalam menyugguhkan lirik sangat menarik untuk di bahas dan di telaah lebih lanjut. Jadi, bagaimana pendapat kalian tentang musik dan lirik ini?  




Ikuti undian berhadiah utama HP Android disini


40 comments:

  1. banyak juga kan orang yang bisa bikin lirik bagus tapi belum tentu bagus kalo dinyanyiin sma dia sendiri, begitu juga sebaliknya penyanyi yang nyanyinya bagus belum tentu bisa bikin lirik sendiri. ane udah join, mampir ke blog ane ya gan! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bro! ane bisa bikin tapi ga bisa nyanyiin, haha. oke mampir nanti. thx follownya

      Delete
  2. efek rumah kaca ane ga pernah denger gan, tapi emang lirik menentukan juga si sama seperti yang di utarakan. yang jelas, musik dulu yang di dengar, baru lirik yang di pahami. itu si menurut saya yang orang awam mengenai musik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba denger aja mas di Yout*be ada kok. makanya saya nulis judulnya gitu mas. hehe

      Delete
  3. Dari sini kita bisa ngeliat efek pasar buat musisi yg bikin lirik. Apa dia ngikut gaya pasar atau itu emang gaya orisinil dia? Memang ane cuma listener, dan ane seneng musik yang easy listening. Itu gk lepas dari isi lirik yg gampang dicerna.

    Ane juga demen ama lirik berbahasa inggris, tapi ane gk mau dibilang asal british! So, karna vocab ane yang dikit, ane tetep lebih seneng lagu berbahasa indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, makanya banyak musisi berkualitas idealis yg menolak untuk ikut industri major label. karena setau saya mereka menuntut macem2 salah satu musikalitas yg bisa di rubah. :)

      Delete
  4. Sori sob blm sempet menyimak, tinggalin jejak aja ye :)

    ReplyDelete
  5. hadiirrr...tengkyuu, folback sukses! Bravoo

    ReplyDelete
  6. iya sob ! percuma liriknya bagus tapi lagunya membosankan ekekekeke XD

    ReplyDelete
  7. Dunia musik, dunia karya seni, dunianya para seniman. Mau pakai bahasa atau english yang penting enak di dengar aja sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menulis juga bisa jadi seni gan :D kalo di combine lebih asik kan :)

      Delete
  8. Hahaha aku jadi ingat lagu apa ya.
    Denger radio.
    Liriknya itu,
    gak oke blas. Lucu @_@
    Kayak kalimat lugas, ah aneh deh pokoknya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, memang suka begitu mba una, coba denger sir dandy deh, liriknya lucu tapi musiknya bagus.

      Delete
  9. wah bener banget sob. kayak lagu-lagunya iwan fals ya, lirik-liriknya begitu bermakna. :D

    ReplyDelete
  10. kalo soal lirik dan musik saya adore banget sama dream theatre! ketauan sih dari liriknya kalo mereka tuh pinter pinter, coba bandingin sama lirik lagu indonesia (dangdut remix) yangkadangg.. aduuuh denger nya bisa bikin kuping panas... hehehe tapi heran ya, anak anak suka banget lagu gituan... *sudah tiga bulan, bla la bla la bla la*

    Salam kenal yo dimasss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak suka dream theater juga? cadas \m/. hehe
      herman lee sadis main gitarnya mbak. salam kenal juga

      Delete
  11. kayaknya klo dicermati liriknya kang budi hampir tiap judul lagi sama aja yak. . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dengernya yg doremi aja gan, hehe yg lain belum pernah. hehe

      Delete
  12. setuju gan, lirik yang berat memang mampu buat lagu jadi bermakna
    jadi ga sekedar musik abal abal, yang muncul, trus tenggelamnya cepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp bukan berarti yg liriknya biasa, musiknya bal2 gan :) hehe

      Delete
  13. Setuju jg:) aku bisa suka sama sebuah lagu karena liriknya loh..

    *sudah di foolback ya*:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, apa lagi kalo perempuan, pasti di sesesuaikan sm suasana hati liriknya :p . hehe, makasi folbeknya :)

      Delete
  14. maaf baru manpir sobat dan dah balas komentarnya sob...!! nice sahre sobat...!!!

    ReplyDelete
  15. wah, saya juga suka lagu2 dari efek rumah kaca, bagus liriknya
    ...

    ReplyDelete
  16. informasi ang sangat menarik, ternyata susah juga ya sob bikin lirik sebuah lagu harus benar-benar pas agar bisa diterima oleh orang lain he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx sob. iya sob sulit sekali. apresiasi tingkat tinggi buat yg mahir.

      Delete
  17. waaa ngak sembarang yach membuat lirik sob...!!! butuh imajinasi juga yach sob biar bisa pas...!!! mantap sob...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan kalo terlalu berlebihan gak bagus juga soalnya . hehe

      Delete
  18. suguhan lirik yang tidak mendidik sekarang ini banyak dijumpai, bahkan anak-anak es de aja hapal lagu lirik cinta-cinta an..ironis karna industri hiburan yang berbau bisnis ujung-ujungnya hanya mementingkan keuntungan semata tanpa menghiraukan efek-nya terhadap kualitas generasi muda bangsa.. Salut untuk band indie Efek Rumah Kaca, satu dati sekian banyak musisi yang terus berkarya dengan pakem lirik bukan musik! Thanks Dim dah share to us..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Terima kasih sudah di perjelas :D

      Delete
  19. thx udah mampir ke blog saya, artikelnya bagus, tp sy malah sebaliknya, justru sy susah bikin lirik english, semua lirik saya bahasa indonesia, kesan sastra dan pesannya lebih gampang, sementara english, daya magis vocabulary nya beda, kapan2 sharing dong soal bikin lirik english, pengen belajar saya

    ReplyDelete
  20. oooh gtu yah mas .... infonya bermanfaat nch

    ReplyDelete
  21. heheheh sekedar meramikan sob.........^_^

    ReplyDelete
  22. aku biasanya kalau nilai lagu dari liriknya dulu, baru nadanya. tapi keduanya juga mempengaruhi, sih. dulu waktu aku kecil sukaaa banget sama "everything about you"nya ugly kid joe. alasannya simpel, karena nadanya enak, kalau dinyanyiin juga gampang bisa sampai teriak2. padahal aku sadar betul liriknya jelek dan gak mendidik, tapi ya kadang lirik juga dikalahin nada :) ada juga yang dua2 ya bagus, kaya lagu "just for you"nya richard cocciante. lirik OK, nada bikin merinding, padahal sederhana.
    tapi bukan berarti pakai bahsa gak bisa bagus. tuh, kla project buktinya :)

    ReplyDelete

 
There was an error in this gadget

Author Profile

My photo
Shout it loud and do judge a book by its cover!