TIPS TRIP BACKPACKER SERU DAN EFISIEN!

Kali ini Gue mau berperan sebagai praktisi trip backpacker yang masih amatir mau sok-sokan kasih tips buat kalian, yang baru mau memulai perjalanan backpaker kalian, baik dalam maupun luar negeri. Berikut beberapa Tips Dari Gue:

1. Personil

Tandem yang seru menambah keseruan perjalanan
Dengan siapa lo akan pergi bakal menentukan semua embel-embel berikutnya, tingkat keamanan, keribetan dan jumlah tandem lo bakal menjadi faktor penentu semua aspek. Banyak yang berfikir pergi rame-rame jauh lebih seru dan asik, tunggu dulu dengan siapa lo pergi? dan berapa lama lo bakal menghabiskan waktu dengan tandem lo. Menurut gue Ber-4 adalah angka ideal untuk melakukan trip, tentunya dengan orang yang sudah lo kenal karakternya lebih diutamakan. Kenapa? Angka genap merupakan angka paling aman, misalnya untuk penetuan alokasi duduk di transportasi, budget sewa kamar dan sewa kendaraan misalnya. Kalo lo ganjil misalkan 3 orang, bakal ada "si mandiri" nantinya, misalkan kamar hotel yang maximal 2 org atau sewa motor yang mengharuskan orang ke-3 ini sendirian bahkan bakal membingungkan soal alokasi biaya. Kemudian karakter orang berbeda-beda dan menentukan asiknya jalan kalian, kalo dapet tandem yang super ribet kalian "si simple" bakal banyak jengkelnya dengan "si ribet" jadi kenali tandem trip kita adalah sebuah keharusan. Jadi 4 adalah jumlah ideal personil untuk jalan-jalan yang asik dan seru. 

2. Budget (Dana)

Mengetahui budget dan alokasinya sangat
membantu efisiensi trip kita
Kalau menurut Gue budgein harus jadi poin nomer satu, bahkan pendanaan trip kalian bakal ada disetiap poin yang akan Gue jabarkan, kenapa pertama? backpacker itu terkenal dengan efisiensinya, jadi bukan bikin tujuan dulu terus baru bikin budgetnya. Karena menurut gue dengan menaruh budgeting di awal lo bisa lebih efisien dengan trip lo. Kita ambil contoh: Saat lo punya dana tabungan misalkan 2 juta rupiah, kemudian lo punya tujuan ke suatu kota, nah lo bisa bikin beberapa rencana 2 juta itu bisa dimaksimalkan seperti apa? bisa ke kota mana lagi dari kota tujuan yang utama (Main destination). Misalkan tujuan utama lo Bali? dari jumlah dana yang lo punya lo bisa mampir sebelum atau sesudah ke kota tujuan dengan budget yang lo punya. Jadi siapkan atau bikin ramalan (Forecast) uang yang bisa lo kumpulkan nantinya. Contoh lagi, Dana tabungan lo ada 1 juta, lo punya jadwal yang sangat flexible lo bisa ambil ambil jadwal perjalanan untuk beberapa bulan kedepan, nah masa tunggu lo dari punya planning sampai hari H ada beberapa bulan? taruhlah 6 bulan, selama 6 bulan kita bisa manambah dana tabungan minimal berapa rupiah perbulan? kita buat 500rb (ini minimal ya) 500 x 6 = 3 juta rupiah + 1 juta (tabungan) = 4 Juta yang harusnya bisa jadi plafond kita untuk buat trip. Kemudian berapa total hasil penggabungan dana jika kalian melakukan group trip.

3. Waktu

Mengetahui plafond wakru kita liburan juga
membuat ittenary kita lebih jelas dan rapih
Berapa banyak waktu yang lo punya untuk melakukan trip dan kapan bisa direalisasikan? Jumlah hari yang bisa lo kasih untuk trip seru lo menentukan destinasi dan embel-embel lainnya. Kenapa? lo punya dana 2juta, waktu cuma Sehari (one day trip) Lo mau pergi ke Thailand atau Bali misalnya, sama sekali gak efisien kan? Jadi buat alokasi waktu berapa lama dan kapan bisa di realisasikannya supaya trip lo jauh lebih efisien dan seru.




4. Destinasi

Bikin Destinasi utama kita beranak-pinak
Nah berikutnya destinasi, Destinasi bisa jadi poin pertama juga loh! kalo lo udah punya main project untuk trip lo, misalkan lo berencana menghandiri acara kerabat di suatu kota misalkan jadi destinasi menjadi poin pertama. Tapi kalo emang tujuan lo cuma mau vacation ya ini bisa turun ke poin 3. Tentukan Tujuan utama kita, kemana dan ngapain. Misalkan lo pengen banget ngeliat singa jackpot di Singapore, atau surfing di Bali atau Lombok, lo bisa explore ke kota lain yang bisa sinergi dengan tujuan utama, sesuai dengan budget dan alokasi waktu yang dipunya pastinya (itu mengapa budget dan waktu gue taruh di atas poin destinasi). Dengan Budget lo yang gede dan waktu lo yang panjang lo bisa cari tiket termurah untuk pulang dan pergi dengan tujuan bali misalkan, lo bisa pilih jalur darat untuk menempuhnya banyak kota yang bisa lo singgahi yang searah dengan jalur tujuan utama lo bali. Lo bisa mampir ke jogja atau surabaya sebelum atau sesudah dari bali, atau bahkan lo bisa manjang ke lombok setelah dari Bali, pengetahuan lo akan detail rute transportasi lo sangat dituntut untuk hal ini, misalkan dengan kereta, harga berapa, lewat mana yang bisa sampai bali, berapa waktu yang ditempuh, saat transit harus nginep atau nggak, jadi DO BROWSING! untuk mendapatkan informasi tentang rute lo.

Kemudian seperti yang kita semua tau beberapa maskapai sering memberikan diskon atau promo untuk jadwal travel di beberapa bulan kedepan, dan hal ini tentu menjadi pertimbangan kita menentukan destinasi tentunya setelah punya detail untuk tips poin  1 dan 2 (budget dan waktu). Karena selama apapun jadwal travel beli tiketnya pun harus dibayarkan saat itu juga. 

5. Akomodasi dan transportasi

Dormitory merupakan pilihan tepat bagi kita
yang ingin murah dan senag bersosialisasi
Pemilihan tempat menginap harus melawati poin2 sebelumnya (Budget, Waktu, dan Destinasi). Kenapa? misalkan dana lo ada 2 juta, waktu lo cuma 2 hari pasti berbeda plafond penginapannya untuk yang punya waktu satu minggu. Misalkan 2 hari lo bisa pilih penginepan yang sedikit mewah/mahal misalnya yang harganya bisa 300-400/malam, tapi yang seminggu tentunya kita harus cari yang dibawah 100rb asalkan bisa tidur. 


Website booking.com adalah situs yang sangat gue anjurkan bagi kalian yang mau pergi terutama ke luar negeri, di booking.com lengkap menyajikan penginapan dari kelas gueshouse hingga 5 stars hotels dan juga lengkap dengan fasilitas dan review penginapan tersebut. Bagi lo yang gak punya credit card, lo bisa cari yang gak pake booking fee, dan yang penting lo bisa tau fasilitas yang didapet apa aja, ada wifi-kah atau jemputan dari bandara kah. Dua kali gue ke luar negeri gue selalu pake ini untuk melakukan booking penginapan, bukti bisa lo tunjukan via smartphone ataupun fisik (hardcopy), yang pasti secanggih dan mahal apapun gadget lo, punya back up hard copy adalah sebuah keharusan! tentunya untuk tujuan keamanan.

Jika kalian pergi dengan teman kalian lebih dari 2 orang dan dengan dana minim dan waktu panjang, Dormitory adalah pilihan jitu. Karena mayoritas hostel menyediakan dormitory dengan slot untuk 4, 6, bahkan 12 orang dengan kost biasanya gak sampe 100rb/orang (tergantung). Tentunya sesuai dengan tujuan trip kita, gak mungkin juga kalo pilih dormitory untuk mereka yang sedang berbulan madu kan? gak ada privasi untuk seorang penganten baru (haha)

Transportasi umurm pasti akan menambah cerita perjalanan kita
Kemudian Transportasi juga perlu diperhatikan saat anda ada di kota tujuan, baik hanya sekedar untuk city tour ataupun pindah dari satu kota ke kota lainnya, kalau masih didalam negeri penyewaan motor merupakan hal yang paling efektif untuk city tour, selain murah dan motor akan memudahkan anda untuk berhenti menayakan arah ataupun berputar arah saat ada yang terlewat. Yang harus diperhatikan adalah kesehatan motor yang anda sewa sehingga tidak "nombok" untuk biaya perbaikan dan pilih motor bebek manual agar lebih ekonomis di bahan bakar. 

Kalau pergi ke luar negeri sebaiknya naik public transportation selain rambu dan peraturan yang bakal berbeda kenikmatan menggunakan public transportation negara lain akan menambah nilai perjalanan itu sendiri yang pastinya akan membuat kita lebih arif nantinya menggunakan transportasi umum di negara sendiri. Kenapa begitu? yang pasti kalian akan membandingkan kualitas kendaraan dan pelayanannya. Pengalaman gue di phuket yang cukup memalukan adalah memberhentikan sembarangan (tidak di bus stop) angkutan umum disana, padahal bentuknya seperti truk odong-odong! malu karena tidak terlihat tertibnya. 

6. Perlengkapan

Ada yang bilang, kita dalah apa yang kita bawa
Kemudian perlengkapan menjadi hal yang kalian utamakan  setelah poin-poin diatas, dengan siapa, jumlah dana, waktu, destinasi, dan akomodasi menjadi faktor penentu barang apa yang akan kalian bawa. Misalkan jalan dengan keluarga dimana ada bayi, stroller ataupun penggendong bayi adalah sebuah kewajiban, dengan "si lemah" pun bawaan akan bertambah banyak pastinya. Kemudian budget menentukan barang apa yang nantinya bisa di beli di kota tujuan tanpa harus berat-berat membawa barang tersebut. Waktu tentunya sangat menentukan jumalah pakaian yang akan kalian bawa selama trip berlangsung. Destinasi juga menentukan apa yang akan anda bawa, cuaca, medan jalan menjadi faktor pasti yang menentukan. Kemudian fasilitas akomodasi juga sangat menentukan, misalnya tersedianya loker membuat kalian mempertimbangkan membawa barang berharga nantinya, ataupun wifi yang menentukan anda perlu membawa gadget dan penunjang lainnya seperti apa.

Untuk perengkapan seperti pakaian sebaiknya yang dibawa dimasukan ke dalam backpack dengan cara digulung (setelah dilipat rapih) kemudian di ikat dengan karet tiap baju, hal ini akan mempengaruhi slot yang tersedia dalam tas kita dan karetnya bisa digunakan untuk keperluan lain. Pakaian yang cenderung berat dan tebal sebaiknya kita pakai saat perjalanan, misalkan seperti celana jeans, jaket dll sehingga membantu meringankan bawaan yang akan kita pikul nantinya.

Kemudian gadget yang kalian bawa juga harus disesuaikan dengan tujuan kalian, Kalo gue pribadi paling males kalo trip itu bawa Kamera DSLR, selain berat dan memakan slot kita harus punya ekstra ke hati-hatian. Menurut gue canggihnya smartphone atau pun kualitas handy digicam gak kalah bagus untuk meng-abadikan moment-moment kalian gak makan tempat dan beban yang pastinya.

Buat kalian yang agak sedikit ribet untuk makanan, diwajibkan membawa sendiri sesuai spesifikasi kalian, misalkan kalian cenderung yang gampang alergi, ataupun sulitnya mencari makanan halal di kota tujuan. Gue sih menganjurkan kalian bawa abon atau mie instant misalnya bahkan rendang yang di masak agak kering. Pokoknya makanan yang awet berhari-hari menjadi keutamaan juga. Untuk jaga-jaga jika makanan setempat tidak "bersahabat" dengan kita.

backpack and sling bag
Soal tas yang kalian bawa, tentunya sesuai kenyamanan dan postur tubuh kalian, jangan sampai tidak seimbang karena bakal memakan tempat dan tenaga tentunya. Selalu membawa tas pinggang ataupun sling bag untuk menaruh benda berharga dan identitas kita. jadi saat city tour kita gak harus menggunakan backpack seharian yang memekan banyak tenaga. Sling bag juga memudahkan saat petugas meminta identitas ataupun proses pembayaran kalian. Yang harus diingat lagi adalah Beban tas anda akan lebih berat saat kita pulang! sisakan slot untuk oleh-oleh dan baju kotornya.
  
Mungkin itu saja yang bisa Gue share mengenai Tips Trip Backpacker Seru dan Efisien, cuma ada 6 poin utama demi lancarnya trip seru efisien kalian beserta penjelasannya. Semoga tips ini bisa membantu kalian untuk efisiensi perencanaan trip kalian dan yang pasti selalu bikin Plan B di setiap poin! Let's Get Lost! 


0 comments:

Post a Comment

 
There was an error in this gadget

Author Profile

My photo
Shout it loud and do judge a book by its cover!