TIPS MERAWAT SEPATU DAN TAS

Akhirnya bisa mulai nge-blog lagi nih, setelah berbulan-bulan off dari dunia blog. Kali ini gue mau berbagi tips mengenai perawatan sepatu atau pun tas sesuai dengan bahan dasarnya, kebetulan beberapa hari yang lalu gue dapat informasi ini langsung dari ahlinya! seorang trainer di salah satu perusahaan manufaktur multi nasional dengan brand yang sudah terkenal dan berkelas premium. Kebetulan juga sebenarnya gue itu salah satu yang hobbi koleksi sepatu, tapi berhubung koleksi sepatu gak murah jadi baru sedikit dan kebetulan baru tau cara ngerawat yang baik baru-baru ini, jadi ya sepatu gue yang lama udah keburu rusak (haha).

Salah satu sepatu favorite gue!

Gunakan sesuai fungsinya
Jadi pertama kita harus gunain sepatu maupun tas sesuai fungsinya, misal sepatu olahraga ya buat olahraga, sepatu casual buat jalan ya buat jalan atau untuk wanita, sepatu pesta sama sepatu kerja harus dipakai sesuai fungsinya. Semua saran dilihat dari manfaatnya ya, bukan nilai ekonomisnya (haha), kalau kegiatan kita beragam ya beragam juga sepatunya. Tapi untuk meminimalisir angka kematian, eh kerusakan maksudnya, kita harus merawat dengan baik dan benar.

Simpan sepatu atau tas ditempat yang kering
Yap, simpan diruang yang kering jangan di tempat lembab. Lebih baik ditempatkan dispot yang sirkulasi udaranya bagus, selain untuk kebaikan sepatu juga untuk kebaikan penghuni rumah. Sebisa mungkin hindari penyimpanan di kamar tidur, meskipun kalian sudah yakin gak ketempat yang kotor, kalian gak tau kuman apa saja yang sudah menempel pada sepatu kita. Begitupun tas, sebaiknya digantung di tempat yang kering dan berudara, sama halnya dengan sepatu, hindari berdekatan dengan tempat anda tidur. Kalaupun simpan di sepatu atau tas di kamar, dimasukan kedalam box dan jangan lupa berikan silica gel agar tidak jamuran. 

Untuk mempertahankan bentuk sepatu sebaiknya diberi ganjalan didalam sepatu tersebut, seperti kayu ataupun kertas kering yang bersih. Untuk sepatu boots atau tinggi lainnya bisa gunakan botol untuk sisi yang memanjangnya. Yang paling penting jangan menumpuk sepatu yang satu dengan yang lainnya!.

Bersihkan secara rutin
Kalau bisa setiap habis dipakai kita wajib membersihkannya, sepulang dari beraktifitas biasakan untuk membersihkan dan menaruh kembali sepatu kita sesuai ketempatnya. Hal ini agar sepatu atau tas kita tidak berteman terlalu lama dengan kotoran apalagi kuman. Adapun alat yang sebaiknya digunakan untuk membersihkan sepatu kalian sesuai dengan jenis bahan dasar atau materialnya:

img source : www.dwquailgolf.com
 
1. Bahan Kulit Asli

Untuk Sepatu atau Tas kalian yang berbahan kulit asli sebaiknya dibersihkan dengan kain lap dan semir padat untuk perawatan selanjutnya tidak disarankan untuk menggunakan semir cair. Jangan samakan perawatan kulit asli yang halus dengan berbulu! untuk yang berbulu kalian bisa gunakan sikat kecil khusus atau sikat gigi kering untuk menyikatnya secara perlahan.

  


img source: www.lyst.com
2. Bahan Kulit Campuran
Tidak jauh berbeda dengan kulit asli cara perawatannya, hanya saja diperbolehkan semir sepatu cair jika tidak mau menggunakan semir padat yang kurang praktis. Untuk yang berbulu tetap hanya menggunakan sikat gigi kering.



img source: www.kradodesign.com
3. Bahan Kulit Sintetis
Untuk bahan kulit sintetis atau banyak disebut dengan spons, sebaiknya menggunakan kain lap kering atau basah (sesuai kotoran yang menempel) dan untuk perawatanya dapat menggunakan minyak kayu putih ataupun body lotion sebagai pengganti semir.




img source : www.cooler.mpora.com
4. Bahan Textile
Untuk bahan textile seperti bludru, suede, canvas dan lainnya hanya ada satu media yang sebaiknya digunakan, yaitu sikat gigi kering. Disikat secara perlahan sesuai arah tekstur bahannya (untuk bludru dan suede khususnya). Jangan menggunakan cairan apapun sebaiknya untuk menjaga warna dan keawetan bahan itu sendiri.

Kalaupun kita dengan terpaksa membersihkan koleksi sepatu atau tas kita dengan cara mencuci (sebaiknya jangan) sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan sabun dan menggosok dengan kencang, karena akan mempengaruhi warna dan keawetan bahan itu sendiri. Saat menjemurpun sebaiknya jangan langsung terkena matahari, biar saja kering dengan udara yang alami. Bisa juga gantung dibawah blower AC jika memang ingin cepat mengeringkan sepatu atau tas tersebut.

Tapi sekali lagi, hindari perawatan dengan cara mencuci. kalaupun takut ada bau tak sedap atau jamur di bagian dalam sepatu, bisa menggunakan bedak tabur atau alat lainnya yang fungsinya untuk merawat bagian dalam sepatu yang sudah banyak beredar di pasaran.

Demikian tips yang diharapkan bisa bermanfaat buat kalian! 



2 comments:

  1. wii mantap mas tipsnya. berguna banget ini.. terutama untuk merawat sepatu sepatunya suami. kalo saya sih hampir gak pernah pakai sepatu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak ya kalo udah nikah, udah ada yang ngurusin sampe sepatu2nya juga :D

      Delete

 
There was an error in this gadget

Author Profile

My photo
Shout it loud and do judge a book by its cover!