Tips memperpanjang rute liburanmu!

Hai bloggers! Gue lagi rindu banget plesir dalam waktu lama nih, seperti celetukan yang sudah sering kita dengar di kalangan pecinta plesir "Kuliah waktu banyak, tenaga ada tapi uang gak ada. Kerja Uang ada, tenaga ada tapi waktu yang gak ada. Pas tua, Uang ada, Waktu ada tapi tenaga yang udah gak ada". Eh tapi sepertinya celetukan itu berlaku hanya bagi karyawan ya! kalau pengusaha mungkin bisa atur waktu suka-suka. Tapi punya trip plesir panjang itu emang paling nikmat, kita bisa lebih menghemat dan lebih banyak eksplorasi. Nah, Gue mau kasih sedikit tips sotoy supaya perjalanan liburan kamu lebih panjang dan destinasi liburanmu lebih banyak nih.

Sumber : Instagram @maligo_id

Tentukan destinasi utamamu mau berhenti dimana. Kenapa? karena dengan menentukan destinasi utamamu, kamu bisa cari destinasi lain sebelum atau setelah destinasi utama mu. Rute perjalanan kamu sangatlah penting, kamu tau destinasi yang bisa kamu singgahi dan moda transportasi yang dapat digunakan tentunya! Kamu bisa buat skema awal itu dari arah mata angin, Timur - Barat, Utara-Selatan, atau sebaliknya. Semua itu tergantung dari kondisi geografis wilayah destinasi tujuan mu ataupun rutenya. 

Misalkan kalian mau tujuan terakhir kalian adalah lombok, kalian bisa buka peta cetak ataupun digital untuk menentukan rute kalian. Dari cara ini, kita bisa mengetahui jumlah dan kota apa saja yang bisa dikunjungi sebelum sampai destinasi utama kalian. 

Sumber : Google Maps
Gambar diatas merupakan hasil print screen hasil eksplorasi Gue di Google maps. Gue coba untuk membuat rute Jakarta ke Surabaya untuk nantinya menuju Banyuwangi untuk menyebrang ke Pulau Bali lalu lanjut ke Lombok. Sebetulnya bisa langsung ke Banyuwangi untuk menyebrang ke pulau Bali, tapi itu terserah kalian bahkan bisa langsung ke lombok! tapi ya naik pesawat! haha. Untuk menuju surabaya gue pilih naik kereta kelas ekonomi, dari hasil pencarian rute gue di google maps, gue pilih jalur utara pasar senen - Pasar turi. Kalau dari rute selatan kalau gak salah itu pisah di cirebon dan menuju ke arah jogja dan akhirnya tiba di stasiun gubeng Surabaya. Tapi kalau kamu mau pecah lagi, bisa liat di details rutenya. Ada stasiun kota apa saja yang dilewati jalur utara tersebut, karena jika kamu mau pecah destinasinya lagi, jangan beli langsung tujuan surabaya, memang berhenti di stasiun-stasiun tersebut namun biayanya berbeda jika kamu pilih tiket tujuan di jalur utara tersebut. Ada Jatibarang, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Ngerombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, dan Lamongan sebelum sampai ke Pasar Turi Surabaya. Kalau mau mampir ke Jogja ya lewat jalur Selatan.

Kalau untuk rute ke luar negeri Gue kasih contoh Asia Tenggara, Bangkok - Singapura soalnya baru pernah kesini. Rute ini bisa dibuat sebaliknya Singapura - Bangkok, semua tergantung tema trip kamu, mau low cost lebih disarankan Bangkok - Singapura karena biasanya tiket promo itu lebih berasa di harga reguler yang lebih mahal. Contoh harga reguler ke Bangkok dari Jakarta bisa mencapai Rp. 1,3 juta hingga Rp. 1,7 juta (pakai LCC). Tapi saat promo bisa sampai 500 ribu hingga 700 ribu. Sedangkan untuk biaya pulang dari Singapura dengan harga Reguler biasanya 500 ribu - 700 ribu. Ya tapi semua tergantung juga kalau ternyata biaya tiket Bangkok - Jakarta lagi promo ya rezeki juga berarti. Disarankan untuk melakukan pencarian dengan semua skema untuk mendapatkan biaya murah.

Sumber : Google Maps

Dari rute yang Gue dapatkan dari google maps, bisa dilihat negara dan kota apa saja yang bisa dikunjungi antara Bangkok - Singapura. Gue tarik rute ini menggunakan moda transportasi kereta, tapi bisa juga naik bus. Berdasarkan pengalaman yang udah gue tulis di artikel 3 Negara 5 Kota 10 Hari cuma 4 juta! kota yang bisa dikunjungi antara kedua negara tersebut ada Phuket, Hatyai, Butterworth, Penang, Kuala Lumpur, dan Johor Bahru. Rute ini sih flexible kalian bisa eksplorasi lebih ke kota lain sesuai dengan budget dan waktu kalian.

Cara ini bisa digunakan untuk semua destinasi, yang pasti coba ekspolari dengan google maps, baca artikel-artikel terkait destinasi-destinasi yang dilewati dan akan dikunjungi dan yang pasti cari tiket termurah! Memecah destinasi kalian menjadi beberapa tempat sebelum sampai ke kota atau negara tujuan akan jauh lebih seru jika kalian memeliki fleksibilitas waktu. Soal budget? ini tentatif, bisa jauh lebih murah atau bisa lebih mahal semua tergantung kondisi yang kalian pilih. Memaksimalkan waktu dan budget yang ada akan terasa lebih seru dan menyenangkan. Perasaan puas yang akan dibawa pulang dan oleh-oleh cerita yang pastinya akan luar biasa ketika tiba di rumah.

Namun, memecah rute ini memerlukan banyak sekali ketelitian dan kedisiplinan, contohnya soal waktu. Pastinya kalian perlu membuat pengelolaan waktu lebih efisien dan teratur. Karena jika meleset sedikit saja akan mengubah seluruh rencana kalian dan tentunya budget untuk beli tiket pulang baru! haha. Serta jangan lupa untuk memanfaatkan perjalanan malam untuk menghemat waktu dan biaya menginap ya!

0 comments:

Post a Comment

 
There was an error in this gadget

Author Profile

My photo
Shout it loud and do judge a book by its cover!