Ingin cepat dipanggil kerja? bikin CV yang menarik dulu!

Tidak bisa dipungkiri, semakin sulit kini orang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Mungkin peluangnya bisa dibuat 1:1000 untuk bisa kerja sesuai dengan bakat dan minatnya, kalau orang dulu bilangnya sesuai dengan passion nya (haha). Gue mau kasih sedikit tips untuk kalian yang sedang gencar mencari kerja baru.

Sebelum perusahaan yang kalian lamar melihat kualitas kalian lebih dalam tentunya mereka akan menganalisa secara singkat melalui Curriculu Vitae (CV) atau riwayat hidup kalian. Jadi buat CV mu semenarik mungkin! yang berbeda dengan orang lain dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kenapa CV harus bagus dan menarik? karena yang melamar kerjaan tersebutkan bukan diri kita sendiri saja ada orang lain yang mungkin lebih berkualitas dari diri kita. Udah belum punya pengalaman, IPK standar-standar aja, eh CVnya juga biasa-biasa Saja. Bikin CV yang menarik! supaya para rekruter perusahaan berhenti sejenak di CV kalian dan mungkin akan mencoba memanggil kalian untuk proses selanjutnya.

Bagaimana cara membuat CV yang menarik?

1. Tuliskan semua hal tentangmu selengkap mungkin!

Ya, kalian perlu menuliskan selengkap-lengkapnya tentang diri kalian. Lengkap bukan berarti panjang dan bertele-tele. Data seperti pengalaman kerja ataupu organisasi perlu di lampirkan dengan jelas jabatan, periode, hingga uraian kerja secara umum.

2. Sesuaikan format CV sesuai dengan pekerjaan

Mungkin kalian punya skill design yang diatas rata-rata atau kalian punya kreatifitas tingkat tinggi? tapi kalau kalian melamar sebagai akuntan yang fokus utamanya adalah ketelitian dan kerapihan disamping kemampuan dibidang akuntansi apakah membutuhkan hal tersebut? Nah jadi sesuaikan dengan pekerjaan yang akan kalian lamar ya!

3. Tunjukan kelebihan mu walaupun sedikit!

Mungkin kalian adalah lulusan baru yang belum punya pengalaman apa-apa, tapi kalian harus menunjukan bahwa kalian mampu untuk menjabat posisi tersebut, apapun itu! misalkan kalian pernah menjadi panitia acara kampus atau sekolah ya cantumkan saja. Setidaknya perusahaan akan melihat bahwa kalian pernah bekerja sama di dalam sebuah organisasi kecil. Kalian bisa mengoperasikan Microsoft excel dengan sangat baik? kalau bisa juga cantumkan seberapa mahir kalian mengoperasikan aplikasi tersebut, contoh dengan memberikan keterangan "baik" atau dengan angka "4/5".

4. Jabarkan uraian pengalamanmu secara singkat dan jelas

Mungkin kalian memiliki pengalaman dalam pekerjaan maupun organisasi, jabarkan dengan singkat namun lengkap dan juga padat. Karena disetiap perusahaan memiliki istilah jabatannya berbeda-beda dengan perusahaan lainnya, namun jika kalian menuraikan pekerjaan kalian dengan singkat dan jelas perusahaan dapat menganalisa bahwa kalian memenuhi syarat pengalaman pada pekerjaan tersebut.

Ya kurang lebih 4 itu poin penting dalam kalian membuat cv yang menarik. Berikut juga gue lampirin CV yang gue buat sendiri. Oh iya, Gue punya CV lebih dari satu sebetulnya, tentunya tergantung dengan posisi apa yang gue mau lamar dan kebetulan juga gue bekerja di dunia Marketing & Sales yang juga memerlukan kreatifitas tingkat tinggi dalam menjalaninya.

Curriculum Vitae
Jadi CV yang gue tampilin ini adalah yang paling sering gue pake dan tingkat keberhasilan dipanggilnya paling tinggi (haha). Cukup satu halaman, namun lengkap dengan informasi yang perusahaan butuhkan. 

Kalau kalian kesulitan untuk membuat CV yang menarik bisa tanya-tanya saya via email disamping ya.


3 comments:

  1. CV-nya keren, geel! Gue belajar bikin creative CV gak bisa-bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ky, kalau lo bisa pake software design lebih flexible ky. kalo pake ms.office agak terbatas ruang geraknya. hehe

      Delete
  2. Mas Dimas, ini pakai apa ya bikinnya? Pake adobe? Aku newbie. Hehee

    ReplyDelete

 
There was an error in this gadget

Author Profile

My photo
Shout it loud and do judge a book by its cover!